Berita Kegiatan

Press Conference Akhir Tahun 2019

Dibaca: 2 Oleh 27 Des 2019Desember 24th, 2020Tidak ada komentar
Press Conference Akhir Tahun 2019
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

http://bandungkota.bnn.go.id – Bandung, Mengakhiri Tahun Anggaran 2019, BNN Kota Bandung mengadakan Press Conference yang bertempat di Kantor BNN Kota Bandung pada Tanggal 27 Desember 2019. berikut Press Realease yang disampaikan sebagai berikut :

SIE PENCEGAHAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

PENCEGAHAN

DATA SEBARAN INFORMASI atau Jumlah masyarakat di Kota Bandung yang terpapar informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada kegiatan DIPA yakni :

  1. Diseminasi Informasi P4GN melalui Talkshow di Radio (2x/Tahun), audience sebanyak 16000 orang.
  2. Diseminasi Informasi P4GN melalui Insert Konten (10x/Tahun), audience sebanyak 180 orang.
  3. Placement Konten Media Online di 4 surat kabar digital yaitu Galamedia online, Tribun Jabar Online, Republika Online, dan Pikiran Rakyat Online.
  4. Diseminasi Informasi P4GN melalui Media Cetak diterbitkan pada 5 surat kabar yaitu Galamedia, Tribun Jabar, Republika, Radar Bandung dan Pikiran Rakyat sebanyak 251 oplah/eksemplar.
  5. Placement Konten di Radio Lokal yang di siarkan di 4 Radio Lokal Yaitu Dahlia Fm, Urban Radio, PR FM dan MGT Radio sebanyak 361.000 pendengar.
  6. Diseminasi Informasi P4GN melalui Kampanye STOP Narkoba (HANI 2019), audience sebanyak 150

DATA SEBARAN INFORMASI atau Jumlah masyarakat di Kota Bandung yang terpapar informasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) pada kegiatan NON DIPA yakni :

  1. Sosialisasi di Lingkungan Pendidikan (52 Kali), audience sebanyak 114 orang.
  2. Sosialisasi di Lingkungan Masyarakat (30 Kali), audience sebanyak 1.745
  3. Sosialisasi di Lingkungan Swasta (2 Kali), audience sebanyak 157
  4. Sosialisasi di Lingkungan Pemerintahan (27 Kali), audience sebanyak 2.197

ADVOKASI PEMBANGUNAN BERWAWASAN ANTI NARKOBA

BNN Kota Bandung berhasil melakukan advokasi sebanyak 3 kali memenuhi target tahun 2019 yakni 3 advokasi, dari kegiatan advokasi ini melahirkan output yaitu regulasi/kebijakan/edaran, kegiatan P4GN, dan terbentuknya Relawan Anti Narkoba berupa :

REGULASI

  1. Perda Nomor 9 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekusor Narkotika;
  2. Surat Edaran Gubernur Jawa Barat Nomor 354/09/Yangbangsos tentang Penguatan Program P4GN;
  3. Surat Edaran Walikota Bandung Nomor 5/SE.023-Bag Pem perihal Optimalisasi Pelaksanaan Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap narkoba di kota Bandung;
  4. Surat Edaran Dinas Pendidikan kota Bandung Nomor : 354/4009-Disdik Tanggal 16 April 2019 mengenai Optimalisasi Pelaksanaan P4GN di lingkungan Sekolah;
  5. SK Kelurahan sebanyak 75 Kelurahan berisi pembentukan Satgas Anti Narkoba dalam rangka Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar);
  6. Komitmen Bersama antara BNN Kota Bandung dengan Rumah Tahanan Negara Kelas I, LPKA Kelas II, MUI Kota Bandung.

 

RELAWAN ANTI NARKOBA:

Sepanjang tahun 2019, BNN Kota Bandung telah membentuk Relawan Anti Narkoba sebanyak 1.418 orang dengan rincian yakni 1.402 orang berasal dari Kelompok masyarakat dan 16 orang dari lingkungan Pendidikan.

 

KELURAHAN BERSINAR (BERSIH NARKOBA)

BNNK Bandung juga telah menunjuk 2 Kelurahan di Kota BANDUNG sebagai Pilot Project Kelurahan Bersinar,  yaitu Kelurahan Burangrang dan Kebon Jeruk.

Strategi Kelurahan Bersinar antara lain :

  1. Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada masyarakat di desa melalui kegiatan seperti konseling, gerakan masyarakat, dan jaminan sosial dengan melibatkan relawan anti narkoba.
  2. Relawan Anti Narkoba. Kepala Desa membentuk Relawan Anti Narkoba dari Komunitas Desa.
  3. Membentuk Agen Pemulihan yang terdiri dari Babinsa, Bhabinkamtibmas, Puskesmas Pendukung, Bidan Desa, Organisasi Pemuda, dan Relawan Anti Narkoba.

 IMPLEMENTASI INPRES NO 6 TAHUN 2018.

Pelaksanaan Inpres No 6 Tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika Tahun 2018 – 2019 di Pemerintah Daerah Kota Bandung telah menjalankan beberapa program oleh OPD-OPD terkait diantaranya : Sosialisasi bahaya Narkotika dan Prekursor Narkotika serta informasi tentang P4GN kepada Pegawai Aparatur Sipil Negara, Pembentukan regulasi tentang P4GN, Pelaksanaan tes urine, dan Pembentukan Satuan Tugas/ Relawan Anti Narkotika dan Prekursor Narkotika.

  1. PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Pelaksanaan pengembangan kapasitas atau peningkatan kemampuan yang dilaksanakan oleh BNN Kota BANDUNG antara lain:

Pengembangan Kapasitas P4GN (Workshop) di Lingkungan Pendidikan (1 Kali), sedangkan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Instansi Pemerintah (1 kali), Instansi Swasta (1 kali), Lingkungan Masyarakat (1 kali), Lingkungan Pendidikan (1 kali). Pemberdayaan masyarakat anti narkoba melalui tes urin di lingkungan pemerintah (5 kali), lingkungan Masyarakat (1 kali), lingkungan Pendidikan (1 kali) dan Instansi Swasta (1 kali).

 

  1. Penggiat Anti Narkoba yang terbentuk.

Telah terbentuk Penggiat Anti Narkoba dari Kelompok Masyarakat sebanyak 20 orang, Lingkungan Pendidikan 40 orang, Instansi Pemerintah 51 orang, dan Instansi Swasta sebanyak 20 orang.

  1. Nilai Indeks Kemandirian Partisipasi (IKP)

Nilai IKP di Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Lingkungan Pendidikan dan Lingkungan Masyarakat di Kota BANDUNG termasuk dalam kriteria Mandiri.

  1. Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba melalui Test Urine

Dalam rangka deteksi dini penyalahgunaan narkoba, sepanjang tahun 2019 BNN KOTA BANDUNG telah melaksanakan tes urine terhadap Institusi Pendidikan (21 Orang Guru dan 11 Siswa), Instansi swasta (134 orang), Instansi pemerintah (2.392 orang) dan lingkungan masyarakat (49 orang).

  1. REHABILITASI

Dalam rangka menekan angka laju penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba selain pencegahan dan pemberantasan, BNNK Bandung melakukan rehabilitasi terhadap korban penyalahgunaan narkoba. Rehabilitasi yang dilakukan sesuai dengan asesmen awal yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keparahan kecanduan narkoba dari calon klien. Hasil akhir yang diharapkan setelah klien selesai menjalani program rehabilitasi adalah klien tersebut dapat pulih dari ketergantungan narkoba dan cakap dalam menjalankan fungsi sosial serta ekonominya ditengah-tengah masyarakat.

Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah yang Bekerjasama dengan BNN Kota Bandung:

  1. RSUD Kota Bandung (Ujung Berung)
  2. Puskesmas Ibrahim Adjie
  3. Puskesmas Ujung Berung Indah
  4. Puskesmas Margahayu Raya
  5. Puskesmas Kopo
  6. Puskesmas Garuda
  7. Puskesmas Puter
  8. Puskesmas Griya Antapani
  9. Puskesmas Pasundan
  10. Puskesmas Neglasari
  11. Puskesmas Cibuntu
  12. Puskesmas Salam
  13. Puskesmas Cibiru
  14. Puskesmas Ujangsari
  15. Puskesmas Sukarasa
  16. Puskesmas Cipamokolan
  17. Puskesmas Tamansari
  18. Puskesmas Sarijadi

Lembaga Rehab Komponen Masyarakat yang bekerjasama dengan BNNK Bandung

  1. Peka Bandung
  2. Peka Bogor
  3. LIK Sadulur
  4. Klinik Prima Husada
  5. Ultra Addiction Center 4.

Capaian Rehabilitasi TA.2019 total 60 orang :

  • Klinik Pratama BNNK Bandung sebanyak 6 orang
  • Puskesmas Bandung Kota sebanyak 2 orang
  • RSUD Kota Bandung sebanyak 2 orang
  • Peka Bogor sebanyak 10 orang
  • Peka Bandung sebanyak 40 orang

 

  1. PEMBERANTASAN

Data hasil pengungkapan Tindak Pidana Narkotika oleh BNNK Bandung sebagai berikut:

  • Jumlah LKN : 2 LKN
  • Jumlah Tersangka :  3 Orang
  • Barang Bukti : Shabu 5,51 gram, Extacy  5 butir

Press Conference Akhir Tahun 2019

  1. BAGIAN UMUM

Bagian Umum BNN Kota BANDUNG  melaksanakan tugas sebagai :

  1. Pembinaan Administrasi dan Pengelolaan Keuangan
  2. Pengembangan Organisasi, Tatalaksana dan Sumber Daya Manusia
  3. Penyusunan dan Pengembangan Rencana Program dan Anggaran BNN
  4. Pembinaan dan Pelaksanaan Kehumasan, Tata Usaha, Rumah Tangga, dan Pengelolaan

Sarana Prasarana.

Pada tahun 2019 Bagian Umum telah melaksanakan kegiatan Kampanye/Edukasi Publik melalui   Penyelenggaraan Pameran pada event Bandung INAVEST 2019 yang berlangsung di Braga City Walk serta melaksanakan kampanye sosialisasi anti narkoba melalui Videotron dan Bilboad bekerja sama dengan IPRKB (Ikatan Pengusaha Reklame Kota Bandung).

Dan diakhir tahun 2019 ini, BNN Kota Bandung mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung terselenggaranya program P4GN terutama di Kota  Bandung. Apresiasi disampaikan kepada Pemerintah Kota Bandung beserta SKPD di bawahnya, Lembaga Rehabilitasi di Kota Bandung baik Instansi Pemerintah maupun Komponen Masyarakat yang telah bekerja sama,  Polrestabes Bandung, Kodim 0618/BS  para Penggiat Anti Narkoba, Relawan Anti Narkoba, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan rekan-rekan wartawan atas dukungannya sehingga upaya P4GN dapat terlaksana dengan baik.

Dengan keberhasilan dan pencapaian target yang telah diraih di tahun 2019, BNN Kota Bandung tidak berpuas diri dan terus berusaha meningkatkan kinerjanya dengan berbagai upaya dan tentu sesuai dengan semangat nilai-nilai organisasi BNN RI yakni Berani, Nasionalisme, Netral, Responsif dan Inovatif. BNN Kota Bandung berharap kepada seluruh pemangku kepentingan untuk mampu bersinergi dan bersatu padu dalam rangka menyatakan ”Perang terhadap Narkoba” serta mampu menggalang seluruh kekuatan untuk mewujudkan masa depan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Press Conference Akhir Tahun 2019

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel