Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Pemetaan Daerah Rawan Narkoba, BNN Kota Bandung Lakukan Rapat Koordinasi

Dibaca: 6 Oleh 02 Jul 2020Desember 24th, 2020Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

http://bandungkota.bnn.go.id, Bandung – Bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di Kota Bandung menjadi permasalahan yang tidak bisa diselesaikan hanya oleh BNN Kota Bandung saja, perlu adanya peran serta dari seluruh instansi pemerintah dan komponen masyarakat di Kota Bandung. Kamis, 2 Juli 2020 bertempat di Fox Harris Hotel Bandung, BNN Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat yang membahas tentang pemetaan daerah rawan narkoba dan calon penggiat anti narkoba di Kota Bandung dalam rangka pelaksanaan Bandung Bersinar. Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa instansi pemerintah baik itu dari lapas dan rutan, beberapa dinas dari pemerintahan Kota Bandung, kecamatan, kelurahan, BPOM dan juga beberapa lembaga rehabilitasi dan beberapa unsur masyarakat merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba yang bertujuan untuk meningkatkan mengumpulkan data dari beberapa intansi pemerintah, lembaga rehab dan juga komponen masyarakat yang akan dijadikan acuan untuk menentukan wilayah mana yang menjadi wilayah yang rawan akan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba serta untuk mengajak peran serta masyarakat dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba sehingga tercipta partisipasi dan kemandirian dari segenap instansi pemerintah dan komponen masyarakat guna mewujudkan Bandung Bersinar (Bersih Narkoba)

Dalam kegiatan Rapat Koordinasi ini, narasumber dari pemerintah Kota Bandung menyampaikan bahwa dalam rangka peran serta dalam upaya P4GN ada beberapa upaya yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bandung. Secara regulasi di tingkat Kota Bandung telah dibuat Perda No 12 Tahun 2015 Tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif dan Kepwal No. 800/Kep.459-BKBP/2020 Tentang Tim Terpadu P4GN dan Prekursor Narkotika. Dalam kegiatan tersebut juga dipaparkan mengenai dukungan Pemerintah Kota Bandung dalam upaya P4GN seperti Mengoptimalkan Sinergitas Peran dari 59 Perangkat Daerah termasuk Camat dan Lurah serta Mitra Strategis (Polrestabes dan Kodim dalam Tim Terpadu P4GN, pembentukan Kelurahan Bersinar di 151 Kelurahan, Menjadikan indikator penilaian wajib (Laporan Tahunan) dalam Sistem Informasi Penilaian (SIP) Lurah Juara berdasarkan Perwal No. 036 Tahun 2019 Tentang Tata Cara Evaluasi Kinerja Camat dan Lurah di Kota Bandung, Mendorong Pemberian Penghargaan (Award) kepada Kelurahan Bersinar Terbaik di Kota Bandung serta pengakomodiran ruang lingkup kegiatan dalam PIPPK (Perwal 015 Tahun 2019) Maupun DAU Bankel Pendanaan Kelurahan (Permendagri 130 Tahun 2018. “Kehadiran Kelurahan Bersinar diharapkan dapat menghimpun partisipasi masyarakat dan semua potensi yang ada  secara sinergis dalam rangka mewujudkan upaya melindungi  keluarga, masyarakat dari bahaya narkotika dengan mengoptimalkan upaya – upaya pencegahan/ edukasi”, ujar Suharyanto, S.STP selaku kasubbag Bina Kewilayahan pada Bagian Pemerintahan Setda Kota Bandung saat menyampaikan materi kepada para peserta.

Pada kegiatan tersebut kepala BNN Kota Bandung mengatakan bahwa dalam upaya penanggulangan bahaya narkoba, strategi pencegahan bahaya penyalahgunaan narkoba di Indonesia harus dilakukan secara sistematis dan terintegrasi. “Upaya pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi harus diperlakukan seperti sistem yang saling melengkapi. Upaya tersebut tetap mengikuti acuan penanganan bahaya narkoba secara internasional, tapi disesuaikan dengan kondisi riil di nasional”, ujar ujar AKBP Deni Yus Danial, S.IP, MH selaku Kepala BNN Kota Bandung.  Dengan sinergitas dari seluruh intansi pemerintah dan komponen masyarakat pada kegiatan hari ini diharapkan akan mempermudah  terkumpulnya data dukung untuk menentukan wilayah yang rawan narkoba untuk penentuan prioritas wilayah yang harus diperhatikan dalam hal P4GN, sehingga upaya percepatan meujudkan Bandung bersinar dapat segera terealisasi dengan optimal

Pemetaan Daerah Rawan Narkoba, BNN Kota Bandung Lakukan Rapat Koordinasi

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel