Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

BNN Kota Bandung bekerjasama dengan Pemkot Bandung Selenggarakan Fun Bike sebagai Puncak HANI 2019

Dibaca: 2 Oleh 06 Jul 2019Desember 24th, 2020Tidak ada komentar
Badan Narkotika Nasional
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

Hari Anti Narkotika Internasional yang diperingati setiap tanggal 26 Juni adalah wujud keprihatinan seluruh dunia sebagai upaya memerangi  penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Harapan akan terwujudnya negara yang bersih dari penyalahgunaan narkoba membutuhkan adanya gerakan yang massif  dan kepedulian  akan bahaya penyalahgunaan narkoba dari segala unsur masyarakat guna mewujudkan  generasi penerus bangsa yaitu generasi muda yang sehat, cerdas dan berintelektual yang bersih dari penyalahgunaan narkoba, mengingat saat ini angka prevelensi penyalahgunaan narkoba di Indonesia yang cukup tinggi.  Berdasarkan hasil survei tentang penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di 13 provinsi  tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Badan Narkotika Nasional bekerja sama dengan Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI diketahui bahwa prevelansi di kalangan pelajar/mahasiswa menujukkan angka 3,2% yaitu 2.297.492 orang, dihitung dari total jumlah pelajar mahasiswa tahun 2018 sebanyak 15.440.000 orang. Sedangkan pada kelompok pekerja prevelansi setahun terakhir pakai sebesar 2,1 % atau setara dengan 1.514.037 orang, dihitung dari total jumlah pekerja formal sebanyak 74.030.000 orang.

Sabtu, 6 Juli 2019, BNN Kota Bandung bekerjasama dengan badan Kesbangpol Kota Bandung menggelar kegiatan Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2019 di Balai Kota Bandung. Hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Bandung, Kepala Badan Kesbangpol Kota Bandung, Kepala BNN Kota Bandung beserta seluruh staf, serta masyarakat kota Bandung peserta kegiatan Fun Bike . Puncak peringatan HANI 2019 ini dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba  kepada para pelajar, kuliner, stand up comedy dan hiburan menarik lainnya.

“Kegiatan Fun Bike atau Sepeda Santai ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk menghimbau masyarakat kota Bandung khususnya para kaum milenial untuk senantiasa hidup sehat serta jauh dari penyalahgunaan narkoba, sesuai dengan tema nasional HANI 2019 Milenial Sehat Tanpa Narkoba Menuju Indonesia Emas”, ujar Yeni Siti Saodah, S.Sos, MH. Negara sangat berharap kepada generasi milenial untuk tumbuh menjadi generasi yang kuat, tangguh, berdaya saing, kreatif, inovatif, sehat tanpa narkoba. Negara menaruh harapan besar kepada generasi milenial untuk membawa Indonesia ke tempat yang semestinya bangsa ini berada, yaitu sebagai bangsa besar yang semakin unggul, semakin maju, dan berbicara banyak di dunia internasional serta makin disegani oleh negara-negara lain.

Selain itu dalam kegiatan tersebut beberapa instansi pemerintah dan tempat rehabilitasi ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dengan mengisi stand yang telah disediakan oleh pihak penyelenggara seperti Dispusif dengan perpustakaan keliling, Diskominfo dengan Radio Sonata, serta Rumah Cemara yang memberikan informasi mengenai tempat rehabilitasi. “Pada booth BNN Kota Bandung kami melayani pemeriksaan kesehatan gratis dan layanan informasi seputar rehabilitasi dan bahaya penyalahgunaan narkoba bagi para pengunjung. Selain itu Mobil “Bulao” juga ikut dihadirkan dalam kegiatan tersebut guna memberikan informasi seputar bahaya penyalahgunaan narkoba bagi masyarakat sekitar dan peserta kegiatan fun bike. Petugas BNN Kota Bandung menampilkan konten-konten video bahaya penyalahgunaan narkoba, membagikan lefleat dan sticker “stop narkoba” serta memberikan informasi bagi para pengunujung mengenai tahapan dan prosedur layanan rehabilitasi”,  ujar Yeni Siti Saodah, S.Sos, MH.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel