Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat

Penggiat Anti Narkoba BNN Kota Bandung dari Instansi Pemerintah (Kelurahan)

Dibaca: 11 Oleh 25 Sep 2019Desember 24th, 2020Tidak ada komentar
Penggiat Anti Narkoba BNN Kota Bandung dari Instansi Pemerintah (Kelurahan)
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

http://bandungkota.bnn.go.id, Bandung – Berdasarkan hasil penelitian Badan Narkotika Nasional (BNN) bekerjasama dengan Puslitkes UI tahun 2015 menunjukkan angka prevalensi nasional adalah 2,2% dari jumlah penduduk Indonesia berumur 10-59 tahun (4 juta orang) dan korban meninggal akibat kejahatan narkoba setiap harinya mencapai 33 – 50 orang per hari. Kondisi penyalahgunan narkoba yang demikian mengkhawatirkan  membutuhkan penangan yang serius serta kerjasama dengan seluruh elemen mayarakat, tak terkecuali lingkungan Kelurahan sebagai Instansi Pemerintah di Kota Bandung  untuk melakukan upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Selama dua hari berturut-turut mulai dari tanggal 24 -25 September 2019 di Hotel Luxton BNN Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Instansi Pemerintah. Kegiatan yang dihadiri oleh 20 Kepala Seksi dari beberapa Kelurahan di Kota Bandung ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap permasalahan penyalahgunaan narkoba, mensinergikan program pemberdayaan masyarakat  anti narkoba serta melahirkan para penggiat anti narkoba yang baru di lingkungan Instansi Pemerintah yang nantinya dapat meningkatkan peran serta masyarakat dalam upaya P4GN di lingkungan Kelurahan. “Saya harap Peserta Bimbingan Teknis ini dapat melaksanakan Program BNN yaitu Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) serta membuatkan SK Relawan bagi Relawan yang dapat bertugas di kelurahan masing-masing untuk berperan aktif dalam membangun lingkungan yang bersih dari penyalahgunaan narkoba dengan penyelenggaraan program P4GN secara mandiri di lingkungan Kelurahannya”, ujar Plt. Kasi P2M BNN Kota Bandung saat memberikan sambutan kepada seluruh peserta kegiatan.

Dalam kegiatan ini ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh narasumber, diantaranya adalah materi mengenai Arah Kebijakan BNN dalam Upaya P4GN yang disampaikan oleh Pjs. Kepala Seksi P2M, Pengetahuan Dasar Adiksi yang disampaikan oleh dr. Teddy Hidayat, SPJK, Screening dan Koseling yang disampaikan psikolog Sistrianova, Pengetahuan dasar rehabilitasi oleh team rehabilitasi BNN Kota Bandung,  aspek hukum dan studi kasus olah TKP oleh tim pemberantasan BNN Kota Bandung, pengembangan karakter oleh Trainer ESQ , public speaking oleh Poppy Nanita dan ditutup dengan materi tentang peranan penggiat anti narkoba serta penyusunan rencana tindak lanjut oleh tim P2M BNN Kota Bandung. BNN berharap melalui kegiatan Bimbingan Teknis Penggiat Anti Narkoba di Lingkungan Instansi Pemerintah ini dapat memberikan efek domino bagi setiap peserta yang mengikutinya, dalam artian setiap pserta dapat menularkan semangat P4GN di lingkungan sekolah masing-masing.

Penggiat Anti Narkoba BNN Kota Bandung dari Instansi Pemerintah (Kelurahan) Penggiat Anti Narkoba BNN Kota Bandung dari Instansi Pemerintah (Kelurahan)Penggiat Anti Narkoba BNN Kota Bandung dari Instansi Pemerintah (Kelurahan)

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel